Rekomendasi Tempat Wisata di Lembata NTT, Ada Dapur Alam dan Desa Nelayan

Liputan6.com, NTT – Lembata merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Terdapat banyak destinasi wisata di Lembata yang bisa dikunjungi.

Tempat wisata seperi pantai, air terjun, desa wisata, taman, hingga dapur alam ada di sini. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa destinasi wisata Lembata yang bisa dikunjungi:

1. Air Terjun Lodovavo

Air Terjun Lodovavo berlokasi di Atawai, Nagawutung, Kabupaten Lembata, NTT. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini berada di tengah-tengah hutan, sehingga terasa asri dan sejuk.

2. Dapur Alam Karun Watuwawer

Dapur Alam Karun Watuwawer berada di sebelah Desa Atakore, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya uap panas berkekuatan besar yang berasal dari sumber gas bumi.

Dari sanalah masyarakat membuat beberapa lubang kecil. Mereka memasukan beragam bahan makanan, seperti kacang, ubi, jagung, dan lainnya. Dalam waktu 1-2 jam, makanan itu pun matang dan siap disantap.

3. Desa Nelayan Lamalera

Desa Nelayan Lamalera berlokasi di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, NTT. Warga setempat masih sering melakukan ritual penangkapan ikan paus secara tradisional.

Ritual ini telah dilakukan secara turun-temurun. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ritual tersebut secara langsung.

Pantai Bean

4. Pantai Bean

Pantai Bean terletak di ujung Pulau Lembata dan berhadapan langsung dengan Pulau Alor, tepatnya di Desa Bean, Kecamatan Buyasuri, Bean, Buyasuri, Kabupaten Lembata, NTT. Pantai yang eksotis ini disebut mirip dengan Phuket, Thailand.

5. Pantai Lewolein

Pantai Lawolein berada di Jalan Trans Lembata, Dikesare, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, NTT. Kamu bisa menikmati pemandangan pesisir Lawolein yang menjadi wisata unggulan di Desa Dikesare.

Selain hamparan pasir putih, pengunjung juga bisa mengambil beberapa spot foto menarik di sini. Terdapat dua ayunan gantung yang terletak di separuh titik pasang surut ombak.

6. Pantai Mingar

Pantai Minggar berlokasi di Desa Mingar, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, NTT. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Lewoleba.

Uniknya, di pantai ini kerap terjadi perubahan pasir putih menjadi batu karang selama bulan April hingga Januari. Adapun pada Februari hingga Maret, terdapat sedikit pasir yang akan berubah menjadi hitam.

7. Pantai Waijarang

Pantai Waijarang terletak tak terlalu jauh dari pusat kota, tepatnya di Waijarang, Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT. Selain panorama pantai, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Boleng di pulau seberang.

8. Tanjung Nuhanera

Tanjung Nuhanera, berlokasi di Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata, NTT. Wilayah ini terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang indah dan mempesona. Tak heran jika destinasi wisata ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin snorkeling, diving, atau sekadar berjemur.

(Resla Aknaita Chak)